All, Arts

Omah Wulangreh, Oase Budaya di Tengah Kota Jakarta

Omah Wulangreh - setyodewi.com 18

Modernisasi serta era milenial sekarang ini dapat membawa dampak di mana budaya lambat laun menjadi terabaikan bahkan hilang.  Bagi sebagian orang yang mencintai budaya, hal ini bisa menjadi sebuah ancaman untuk aktualisasi terhadap seni dan budaya itu sendiri.  Di kota tertentu yang notabene sudah menjadi kota budaya seperti Solo atau Yogya, hal ini bukanlah masalah. Namun di Jakarta? Kota metropolitan…

Read More

All

Narkoba Bisa Bikin Jodohmu Makin Jauh

Ngomongin jodoh atau tentang dia yang sedang dinanti itu memang rasanya enggak ada habisnya. Apalagi yang pada kena sindrom PDC alias pancing dikit curhat, haha. Bisa panjang ceritanya, bisa berbait-bait puisi tercipta. Moment lebaran kayak kemarin juga, dipastikan banyak yang baper panik, alias banyak pertanyaan kapan nikah, huehehe..Tapi ini saya enggak akan bahas tentang gimana biar gampang dapat jodoh sih.…

Read More

All, Travel

Destinasi Wisata di Macau Ini Cocok untuk Tujuan Berlibur Bersama Keluarga

Mungkin selama ini kita lebih mengetahui Macau sebagai kota Kasino dan hanya orang-orang dewasa saja yang bisa bersenang-senang di sana. Padahal anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Macau memiliki banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu datangi bersama keluarga tercinta. Pastikan kamu memiliki hari libur yang panjang ya, karena satu atau dua hari saja tidak akan cukup lega untuk menikmati indahnya…

Read More

All, Travel

Mudahnya Traveling Nyaman Plus Nginap di Hotel Mewah

Traveling Nyaman - setyodewi.com 3

Kalau ditanya destinasi wisata mana yang ingin saya kunjungi buat rencana liburan atau traveling selanjutnya, maka akan saya jawab Lombok. Kenapa? Pertama, belum pernah ke Lombok dan penasaran banget sama keindahan pulau ini. Kedua, saya suka pantai. Ketiga, pengen tahu bedanya pantai di Lombok dengan pantai di Bali dan pesisir Aceh yang pernah saya datangi. Siapa sih yang enggak tahu…

Read More

All, Arts

Pentas Pertama Memainkan Bonang di SBR Gamelan Festival

Bonang adalah salah satu alat gamelan yang memang saya pengen banget pelajari. Berbeda dengan saron yang berupa bilahan besi dan tinggal dipukul berdasarkan notasi lagu, bonang lebih kompleks cara memainkannya. Di telinga saya bonang menghasilkan irama yang sangat harmonis. Oleh karenanya bisa memainkan bonang adalah kepuasan tersendiri. Karena bonang juga mengisi kekosongan hati, eh nada.. hehe. Di kala saron atau…

Read More

All, Travel

Pesisir Aceh Barat yang Memesona

Enggak pernah terbayang sebelumnya kami sekeluarga bakal melakukan perjalanan ke pesisir Aceh Barat. Memang pernah punya rencana juga ke sana, namun tidak secepat itu perjalanan akan kami lakukan. Oleh karenanya, setelah sampai di sana pun kami tak merasa menyesal sedikitpun, karena begitu banyak tempat di sepanjang pesisir Aceh Barat yang memesona. Saya sudah beberapa kali mengunjungi negeri serambi Mekah ini dan…

Read More

All, Arts, Events

Tari Tradisional Joged Mataraman – Tari Klasik Gaya Yogyakarta

Joged Mataraman Latihan Tari Klasik Gaya Yogyakarta

Beberapa waktu lalu, saya ikut acara latihan bersama tari tradisional, tari klasik gaya Yogyakarta atau yang disebut Joged Mataraman. Acara ini diadakan oleh sanggar Surya Kirana bekerja sama dengan diklat anjungan DIY di Taman Mini Indonesia Indah. Saya memang tertarik untuk ikut acara ini karena seperti mengulang kembali masa-masa belajar menari dahulu. Karenanya, belajar tari tradisional terutama gaya Yogya ini…

Read More

All, Review

Review Buku: I Know You – Miss Hiday

“Everybody is a genius. But if you judge a fish by its ability to climb a tree it will live its whole life believing that it is stupid.” –Albert Einstein Ini Gue Banget Saya adalah tipe orang yang maunya banyak. Belum selesai ngerjain satu hal, udah pengen yang lain. Pengen ini dan itu, pengen belajar ini itu. Rasanya semua hal…

Read More

All, Arts

Aya Aoyagi – Gambaran Antusiasme Warga Jepang terhadap Gamelan

“It’s an ordinary to Indonesian society, but for me it’s beautiful, so natural, and I am very comfortable in listening gamelan”. Begitu ujar Aya Aoyagi – san, seorang warga Jepang yang sangat menyukai musik gamelan, saat saya menanyakan bagaimana pendapatnya tentang musik gamelan Jawa. Seni karawitan Jawa memang sangat disukai oleh sebagian besar orang Jepang. Saya bersyukur bisa mengenal Aya…

Read More

All

Rindu yang Tak Berujung Temu

Puisi yang kauseduh untukku, bersambut pilu, tak berujung temu.- Ingin kusambut, rindumu yang menggelayut, namun harapku fana, asaku sirna.- Andai ku bisa datang menjenguk rindumu, kan kuhabiskan cangkir sepimu.- Kita adalah sepasang rindu yang terbelenggu, hingga luruh tak mungkin berlabuh.- Kusisipkan harap dalam penantianmu, agar tak retak candi rindumu.- Maaf ku tak bisa menyuburkan semi cintaku, biarlah harapanmu mendekap gundahku.-…

Read More