Uncategorized

Amankan Seat Kuota Haji dengan Gadai Emas

Generasi milenial saat ini memang beruntung banget. Hampir semua kebutuhan mereka dapat dipenuhi dengan berbagai kemudahan. Termasuk di dalamnya kebutuhan akan perencanaan keuangan pribadi. Banyak institusi atau lembaga keuangan dan produk keuangan yang dapat mereka gunakan untuk mencapai tujuan keuangan jangka pendek, menengah dan panjang. Salah satunya adalah pegadaian. Apa hubungannya pegadaian dengan tujuan keuangan? Saya yakin pasti banyak yang masih belum tahu jika pegadaian tak hanya menjadi lembaga untuk menggadaikan barang untuk mendapat pinjaman sejumlah uang. Ya, kan? Ngaku, deh!

Halal Lifestyle ala Milenial Pegadaian

Pegadaian melalui Unit Usaha Syariahnya (UUS) baru-baru ini mengadakan talkshow bertajuk “Halal Lifestyle ala Milenial Pegadaian”. Di event ini, pegadaian mengajak para milenial untuk “berkenalan” dengan berbagai produk keuangan dari pegadaian yang menerapkan prinsip muamalah sesuai dengan syariah. Talkshow ini turut menghadirkan beberapa narasumber antara lain Ustaz Ahmad Ifham Sholihin, Beni Martina Maulan, Kepala Divisi UUS, serta 2 influencers Aliah L. Sayuti dan Majda Jedda. Teknologi yang semakin agile alias cepat bergerak a.k.a gesit, menjadikan pegadaian juga tak mau kalah dalam mengembangkan produk dan memasarkannya dengan sarana kekinian yakni media sosial. Rasanya, tagline “Mengatasi Masalah Tanpa Masalah” benar-benar teraplikasikan di sini.

Produk Pegadaian Syariah

Beberapa produk berbasis syariah yang ada di pegadaian antara lain:
1. Tabungan Emas
Tabungan ini seperti tabungan pada umumnya di mana kemudahan transaksi bisa dilakukan secara online. Hanya saja saldo tabungan dikonversi menjadi emas LM. Asyik ya, nabung bisa berapa aja, tapi langsung punya LM, meskipun dikit-dikit. 🙂

2. Rahn Tabungan Emas (RTE)
Produk ini memudahkan nasabah untuk melakukan gadai (Rahn) tabungan emasnya untuk kebutuhan yang lainnya.

3. Rahn Tasjily Tanah (RTT)
Produk unggulan yang ini adalah sistem pembiayaan tanah dengan jaminan sertifikat rumah dan bangunan.

4. Arrum Haji
Arrum Haji merupakan produk pembiayaan agar nasabah bisa mendapatkan seat kuota haji. Dengan sistem Rahn atau gadai, nasabah cukup menggadaikan emas 24 karat seberat 3,5 gram saja.

5. Amanah.
Produk ini memudahkan pembelian kendaraan dengan pinjaman sesuai syariah dan tarif yang kompetitif.

Emas Sebagai Investasi

Saya tertarik banget dengan tabungan emas dan arrum haji. Nggak ragu lagi saya langsung buka tabungan emas di event talkshow tersebut. Saya tahu jika emas adalah salah satu instrumen investasi yang cukup bagus untuk jangka menengah maupun jangka panjang. Harga emas dalam jangka panjang kecenderungannya naik. Menabung dalam bentuk emas juga bisa menjaga agar tidak tergoda untuk selalu menarik uang yang ada. Jadi, nggak dikit-dikit diambil duitnya, hehe. Karena bentuknya tidak likuid, maka kita harus punya effort tersendiri untuk bisa mencairkan dananya.

Amankan Seat Haji dengan Gadai Emas

Tabungan emas ini bisa two in one dengan arrum haji. Tabungan emas untuk nabung LM, lalu jika sudah terkumpul 3,5 gram bisa digadaikan untuk mengamankan seat kuota haji. Praktis dan mudah ya? Seat kuota haji bisa didapatkan lebih cepat, nggak perlu nunggu sampai terkumpul dana sejumlah biaya pendaftaran seperti yang ditetapkan oleh pemerintah malalui Departemen Agama. Menarik banget kaan?

Satu lagi, semua proses muamalah dalam produk keuangan pegadaian ini didasarkan pada prinsip syariah, mulai dari akad, biaya-biaya, bagi hasil jika ada, dll. Bagi generasi milenial muslim khususnya tentu akan lebih menenteramkan. Teman-teman juga bisa mengunjungi outlet pegadaian di seluruh Indonesia, sekarang sudah tersebar di mana-mana dan mudah ditemui. So, tunggu apa lagi, yuk cuss berangkat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *