All, Travel

Orchid Forest Cikole: Pesona Anggrek dan Sejuknya Hutan Pinus

Orchid Forest Cikole adalah satu tempat wisata yang sudah lama saya incar. Pertama kali tahu tempat ini pas ada teman yang posting foto keluarganya di facebook.  Meski saya anak ndeso yang sudah biasa lihat kebon dan hutan, saya tetap penasaran dengan daya tarik kesejukan alam dan pesona anggrek serta hutan pinusnya. Terakhir ke Bandung tidak sempat mampir ke sini karena waktu yang tidak memungkinkan. Di awal Juli lalu, ada kesempatan nebeng liburan bareng keluarga Abang, ya sudah, saya saranin aja ke sini, hehe. Meski sebetulnya tidak terencana dan terbilang dadakan, jalan-jalan ke Orchid Forest Cikole bisa menjadi salah satu sarana escape from the real life yang penuh dengan kesibukan.

Sejuknya Udara di Ketinggian

Pertama memasuki kawasan Orchid Forest, langsung nyess … udara sejuk di ketinggian hutan menerpa wajah dengan sedikit angin yang mengusap pelan. Penat perjalanan menuju kawasan Lembang pun terbayar sudah. Kawasan wisata hutan yang tertata dengan pinus yang menjulang adalah sebuah suasana yang mampu membuat gundah langsung punah, lebay nggak sih? Tapi ya itu yang saya rasakan. Dengan tiket seharga Rp. 35.000,-  kita bisa menikmati suguhan alam hijau dan bunga-bunga anggrek yang bertebaran.

Pesona Anggrek

Sesuai namanya, Orchid Forest menjadi salah satu tempat budidaya anggrek dengan berbagai spesies. Ada satu tempat khusus taman anggrek di  dalam kawasan. Di dalamnya terdapat penangkaran berbagai jenis bunga anggrek yang memesona baik yang mungkin sudah biasa ditemui maupun anggrek langka. Tempat ini juga menjadi salah satu primadona bagi pengunjung untuk berfoto karena ada background tulisan Orchid Forest Cikole dengan latar bunga-bunga di sekitarnya. Sampai-sampai ada petunjuk antrean untuk foto. Di sekitar tempat ini juga ada spot khusus yang menjual bunga anggrek di dalam pot. Bagi yang maniak anggrek, mungkin harga yang mahal tak menjadi masalah.

Pengunjung Orchid Forest, terutama keluarga, juga bisa sambil mengajak anak-anak bermain di tempat ini. Ada beberapa wahana seperti flying fox, outbound, arena bermain anak-anak, dan naik kuda. Camping ground juga ada.

Puas-puasin Foto

Selain memanjakan mata dengan menikmati indahnya alam pinus, Orchid Forest Cikole sangat kece buat foto. Banyak sudut yang bisa dijadikan tempat foto yang bisa diunggah ke media sosial untuk berbagai keperluan. Tahu sendiri kan saat ini foto di media sosial tak hanya sekadar untuk menyimpan sebuah kenangan, melainkan bisa beragam dengan berbagai tujuan. Jadi, salah satu cara nyetock foto ya dengan puas-puasin foto di tempat yang dikunjungi untuk bisa diunggah saat diperlukan (baca: endorse, hehehe). Saya juga ambil beberapa foto dengan latar pohon pinus, tapi yang paling saya suka adalah foto di jembatan tali. Untuk bisa berjalan di jembatan ini harus membayar Rp. 20.000,- dengan gratis main flying fox.

Terletak di Lembang, sekitar 20 km dari pusat kota Bandung, Orchid Forest dapat ditempuh dengan mudah. Memang tidak ada angkutan umum yang langsung sampai ke lokasi. Jika naik angkutan umum, bisa menuju terminal Ledeng lalu disambung dengan ojek online. Namun, mungkin agak terkendala untuk akses pulangnya dikarenakan sinyal telepon yang kadang susah untuk pesan ojek online. Kalaupun bisa, jumlah ketersediaan mobilnya pun terbatas. Lebih baik sewa mobil untuk pergi dan pulang.

Buat pencinta kesejukan dan pendamba aroma hutan yang nggak mau repot naik gunung, sempatkan datangi tempat ini dan jadikan sebagai satu agenda jalan-jalan. Anggap saja sebagai salah satu cara menikmati ketinggian pengganti puncak gunung, hehehe. Meski ini hanyalah sebuah alasan untuk yang nggak mau capek naik gunung kayak saya, haha.. Ya, karena mungkin belum ada kesempatan. Semoga suatu saat dizinkan.

Sampai ketemu lagi di lain kesempatan… 🙂

Tagged , , ,

52 thoughts on “Orchid Forest Cikole: Pesona Anggrek dan Sejuknya Hutan Pinus

  1. Wahhh tempat ini buat aku kangen mba dewi, orchidnya bagus-bagus pengen bawa pulang semuanya.
    Sekarang makin rapi ya Orchid Forest, jadi mau melipir kesini lagi.

  2. Wahhh ngebayangin udara yang sejuk disertai warna warni anggrek yang cantik langsung berasa damai hati ini. Apalagi ada hutan pinusnya, aku penggemar pohon pinus mba.. Heehehe. Ceritanya bagus dan foto penunjangnya juga keren. Semoga ntr ada waktu bisa liat langsung tempatnya.

  3. Cikole hmm… selalu jadi tempat perburuan instagramable or pengguna medsos. Meski sudah banyak sekali review tempat ini, aku masih belum ada rasa terpanggil hehe..

    Tapi Bunga Orchidnya memukau sekali, “Ayuk ndang ke sini cah ayu, Ratna” hahahahaa…

    Gaya bahasamu Mba, ku suka. Nggak lebay, simple dan pas dibaca. Jadinya aku penasaran, mau ngapaian aja seh di sana.

    Btw.. Bunga Anggreknya mirip banget sama yang ada di depan gedung walikota Surabaya.

    Makasih.
    Salam.

  4. Orchid nya cantik cantik ya. Tepat sekali dinamakan Orchid Forest.
    Walau akses kesana agak sulit jika tidak bawa kendaraan tapi tempat ini layak dikunjungi.
    Bisa puas berphoto ria..

  5. sering ke Bandung, dan sering juga lihat updatean temen ke orchid forest cikole ini. tapi, engga pernah mampir. dalam waktu dekat ada rencana ke bandung lagi, kayaknya emang harus dicobain nih. biar merasakan kesejukannya seperti yg mba dewi rasain hihi

  6. Sebagai pecinta City Tour yang anti capek-capek trip Orchid Forest recomended banget. Tempatnya instagramable, udah gitu udaranya pun segar. Aku sudah pernah berkunjung ke sana, tapi kalau ada kesempatan ke sana lagi masih mau lagi.

  7. Anggreknya bagus2 ya di sini Mba. Tapi aku punya pengalaman buruk di sini. Pas pulang aku dikenain tarif yang ga wajar sama supir angkotnya. Aarrghh kezal. Tapi sih emang seru banget ke Orchid Forest Cikole ini

  8. Anggreknya cantik-cantik… keren banget viewnya buat foto2.. harus mampir kesini nih… btw.. aman gak ke lembang skrng2 soalnya kmrn kan tangkuban perahu erupsi..?

  9. Orchid Forest Cikole, tempat alami kaya gini selalu jadi incaran warga kota untuk liburan.
    Di Jakarta juga ada Taman Anggrek Ragunan. Ngapain jauh-jauh ke Bandung kalo buat liat anggrek wkwkwk…

  10. Suasana yang membuat gundah langsung punah. Aku suka banget kalimat ini, kak. Duh, kalau semua anggrek gini, aku pasti betah banget buat berlama-lama disana. Mau duduk bengong menikmati kedamaian atau asyik foto-foto sama anggrek, rasanya cukup membuatku bahagia, kak.
    Apalagi ditambah ada hutan Pinus yang pastinya sejuk banget. Ada jembatan melayang diantara pepohonan Pinus pula. Hobbiku panjat2 pohon tersalurkan pastinya.
    Yuk kapan waktu kita main ke Orchid Forest Cikole lagi, kak 😍😍

  11. Ups! Sejenak saya berhenti mrembaca dan berkhayal sedang jepret2 pas di tulisan : puas-puasin moto. Kalau waktu itu saxa datang ke Orchid Forest Cikole untuk menikmati segarnya udara di sana, sekarang kalau ke sana lagi, mo focus ah jepret2

  12. Jadi inget perjalananku kesini naik gojek.. hahaha.. worth it kan ya mbak tempatnya orchid forest ini untuk dikunjungi.. apalagi pas nggak weekend atau di jam nanggung.. nggak terlalu ramai tempatnya..sepertinya.. ahhaa..

  13. Bagus, bagus pisan euy bun.

    Bun kalau mau outing/gathering di Orchid Forest Cikole bisa kan ya? Kalau camping ground kan ada ya, klu villa adakah?

    Ada client nih yang minta cariin tempat kaya begini” buat acara mereka.

  14. Hmmmm adem sangaaaaat sih mbak Dew…
    Ini tempat cocok buat bawa sekeluarga terus duduk aja hirup udara segar yaah

    Oh ya, di hutan pinus atau area sekitarnya bisa nenda gitu ga si mba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *