All, Events

Siapa Sih yang Tak Ingin Karyanya Abadi?

Siapa sih yang tak ingin karyanya abadi? Mengabadikan karya barangkali ini adalah impian semua orang.  Ingin dikenal sampai selamanya, sampai ruh berpisah dari raga. Abadi. Apa pun itu. Agar namanya tak lekang waktu, tetap dikenal oleh anak cucu, sebagai orang baik yang mewariskan hal yang baik dan melahirkan karya terbaik tentunya.  Caranya pasti bisa macam-macam ya? Dengan mencipta lagu, membuat film, menulis buku, dll. Buat saya pribadi, yang kira-kira memungkinkan untuk bisa saya lakukan dalam rangka mengabadikan karya ya nulis buku. Meski masih tertatih-taih belajar nulis sampai saat ini. Namanya mimpi ya dijalanin aja toh, insyaAllah nanti juga sampai.

Tanggal 16 Desember 2018 lalu saya mengikuti blogger gathering yang diadakan oleh komunitas Indonesia Social Blogpreneur (ISB).  Acara ini digelar di Plaza Festival, Jakarta Selatan dan diikuti oleh sekitar 30 orang blogger. Acara berlangsung santai dan ada beberapa sesi dalam workshop di dalamnya.  Yang pasti semua isinya ilmu. Nggak rugi pokoknya ikut acaranya komunitas ISB.

Abadikan Karya Melalui Buku

Bicara tentang penulisan buku, saya banyak dapat tips dan pencerahan nih dari  narasumber sekaligus sahabat saya Mbak Nunik Utami. Seorang penulis dan blogger yang udah nggak diragukan lagi pengalamannya. Sudah lebih dari 50 bukunya yang terbit. Belum lagi karya-karya tulisannya yang lain. Beberapa tips yang Mbak Nunik berikan bagi yang mau menulis dan menerbitkan buku antara lain adalah:

1. Sering-sering ikut lomba menulis, baik untuk blog maupun yang lain. Rajin menulis blog dan ikut lomba juga sangat berpengaruh untuk melatih kemampuan menulis. Kita menjadi semakin terbiasa untuk menulis dan semakin encer saat ikut lomba. Dan di saat menang lomba tentu kita bisa dilirik oleh penerbit.

2.Tentang tema penulisan buku, kita bisa menulis tema-tema yang belum pernah diangkat oleh orang lain. Bisa juga tema yang dibutuhkan penerbit yang biasanya sesuai tren. Tentang pengalaman hidup yang tidak biasa, yang menginspirasi, juga bisa menjadi tema tulisan yang ok untuk dijadikan buku. Tema puisi mungkin saat ini belum banyak diminati penerbit. Namun ya bisa aja dicoba. Setelah itu coba cari penerbit yang memang tema-tema buku yang diterbitkan sesuai dengan tema yang akan ditulis.

3. Jika ingin buku kita diterbitkan oleh penerbit mayor seperti GPU, KPG, BIP, Mizan, dll, coba lah untuk ikut komunitas yang didirikan oleh penerbit-penerbit tersebut. Ikuti juga komunitas lain yang berisi para penulis buku.

4. Yang paling krusial dari sekian tips itu adalah modal menulis. Apalagi kalau bukan banyak-banyak membaca. Ide dan referensi menulis buku bisa didapatkan dengan membaca. Tulisan yang bagus biasanya dihasilkan dari rajin membaca.

Digital Marketing dengan Blog dan SEO

Di sesi yang lain, Mas Niko Riansyah, Business Development Manager Zoomy Media Indonesia, membagikan ilmunya tentang digital marketing dan SEO (Search Engine Optimization).  SEO adalah proses yang dilakukan dengan tujuan meningkatkan trafik kunjungan sebuah website berdasarkan hasil dari mesin pencarian. Jika dengan kata kunci yang ditargetkan sebuah website bisa menempati posisi teratas atau di halaman pertama pencarian, maka logikanya jumlah pengunjung website akan semakin banyak. Nah bagi kami para blogger, SEO ini penting banget. Agar blog atau artikel di dalamnya mendapat banyak pengunjung. Ngaruhnya apa? Tentu kualitas blog akan semakin bagus dengan naiknya parameter blog dari sisi jumlah visitor, page view, DA/PA ,dll. Dengan kualitas yang semakin baik, blog kita akan lebih bisa diandalkan dan mempunyai daya jual yang lebih tinggi.

Untuk mengoptimasi website atau blog kita dengan SEO maka kita perlu mengunduh plugin tertentu ke dalam website kita. Kalau platform WordPress bisa dengan plugin Yoast misalnya. Dengan plugin tersebut kita ikuti saja cara-cara untuk mengoptimasi artikel kita antara lain dengan menentukan kata kunci yang kita targetkan akan menjadi kata yang dicari oleh banyak orang. Beberapa ketentuan seperti jumlah maksimal kata per paragraf, meta deskripsi, konten itu sendiri, lalu backlink. Setelah parameter-parameter itu kita penuhi, tinggal kita lihat apakah sudah menunjukkan indikasi SEO yang bagus. Mas Niko juga membagikan bagaimana cara kita cek skor SEO. Kita bisa cek dari link berikut ini:

1.https://www.seoworkers.com

2.https://www.neilpatel.com

Blog atau website yang OK adalah dengan skor antara 70-90.

Nah dengan blog atau website yang sudah teroptimasi, maka aktifitas digital marketing yang dilakukan melalui blog atau website juga akan semakin optimal.

Menang lomba live twit.

Menulis di website atau blog juga bisa menjadi sarana untuk mengabadikan karya. Dengan syarat website kita selalu di-maintain dan tidak pernah mati. Hehe.. Ini yang mungkin bisa jadi kendala yaa.. Tapi yakin aja sih, blog yang berkualitas bisa juga menjadi pertimbangan penerbit untuk menerbitkan buku yang akan kita tulis. Penerbit secara langsung bisa menilai kualitas tulisan kita dari artikel-artikel dalam blog kita. Tentu ini juga mendukung kita untuk mewujudkan mimpi mengabadikan karya. Yuk ah, semangat nulis buku. Selamat mengabadikan karya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *