All, Review

Bingung Cari Kerja? Cobain Jobstreet yuk!

Menurut data BPS, ekonomi Indonesia tahun lalu tumbuh sebesar 5,07% dan ini adalah angka pertumbuhan terbaik sejak tahun 2014. Jika 1% pertumbuhan ekonomi mampu menyerap sekitar 200 ribu lapangan kerja, maka diperkirakan hanya 1 juta lapangan kerja yang terserap. Sedangkan tiap tahun pertumbuhan angkatan kerja mencapai 2 juta. Artinya apa, lowongan kerja yang ada tak sebanding dengan jumlah pencari kerja. Otomatis akan semakin banyak persaingan untuk mendapatkan pekerjaan. Selain karena tidak cukupnya ketersediaan lapangan kerja, bisa juga karena banyak yang picky alias terlalu memilih pekerjaan yang sempurna. Akan semakin sengit dunia persilatan, eh dunia perebutan lowongan pekerjaan karena jumlah pengangguran yang banyak. Nah, buat kamu yang saat ini sedang mencari pekerjaan, apa yang bisa kamu lakukan untuk menaklukkan persaingan sengit tadi?

Hal lain yang mungkin juga menjadi penyebab para pencari kerja masih menganggur adalah enggak tahu celahnya bagaimana melamar kerja yang efektif. Kayaknya udah ga jaman lah ya, lamar kerja pakai surat lamaran yang dikirim lewat pos. Atau dengan datang langsung ke kantor perusahaannya. Cukup ngelamar si dia aja yang datang langsung ke Bapaknya, ye kaaan. Zaman udah makin canggih kan sekarang. Semua serba digital. Melamar kerja secara online memang udah ada sejak lama dan sampai sekarang masih menjadi cara termudah untuk cari kerja. Hemat waktu, hemat tenaga juga. Tinggal klik, klik, send! Kemungkinan untuk direspon oleh perusahaan pun lebih tinggi karena hampir semua perusahaan sekarang membuka lowongan kerja secara online. Nah, buat memenangkan persaingan di arena perebutan kesempatan kerja tadi, sebisa mungkin kamu melamar kerja secara efektif dengan aplikasi yang ada.

Aplikasi Online Untuk Mencari Kerja

Aplikasi online yang seperti apa sih yang bisa bantu kamu supaya lebih mudah dapat kerja dan dilirik sama perusahaan yang bonafide? Kalau saya sendiri pernah pakai portal lowongan kerja jobstreet. Dari dulu saya udah lihat kok kalo website penyedia lowongan kerja ini sangat mudah dan simpel penggunaannya. Waktu itu tahun 2005, saya gencar banget lamar kerja secara online. Memang ga hanya via jobstreet aja. Tetapi menurut saya situs ini berbeda dari yang lain. Tidak ribet, mudah, dan efektif. Kebetulan memang pekerjaan yang saya dapat tidak langsung dari aplikasi jobstreet, tetapi di-redirect ke website perusahaannya lalu isi aplikasi secara online lagi di website tersebut. Banyak fitur dan kemudahan yang kamu akan dapatkan dari situs jobstreet ini. Cek yang berikut ini deh:

1.Kemudahan mendaftar dan mengisi profil. Kayaknya 5 menit juga kelar, gampang banget soalnya. Pada saat mengisi profil, informasi utama seperti pengalaman kerja, pendidikan, lokasi kerja dan gaji yang diharapkan memang diutamakan. Informasi lain seperti kemampuan bahasa, keterampilan, dan resume bisa ditambahkan kemudian. Bahkan bisa lho tes bahasa Inggris di sini.

2. Informasi lowongan kerja yang sangat detail. Mulai dari posisi dan deskripsi pekerjaannya, remunerasi (gaji, tunjangan, dll), informasi perusahaan meliputi lokasi kantor, nomor telepon, sosmed perusahaan, jumlah karyawan dan profil singkat perusahaan. Tuh bisa kepoin dulu kan.

3.Bisa tahu berapa kali profil kita dilihat oleh perusahaan. Banyak perusahaan berkualitas yang menjadi employer di jobstreet sehingga meskipun kamu belum sempat apply, bisa aja kamu di-hire oleh perusahaan impianmu karena mereka tertarik dengan kualifikasimu.

4.Ada notifikasi apakah lamaran diterima atau ditolak.

5.Banyak lowongan berkualitas dari perusahaan dengan reputasi yang bagus.

6.Adanya klasifikasi lowongan kerja mana yang sesuai dengan profil kita. Sistemnya namanya LiNa dan nama profil kita adalah profil LiNa. Jadi ga usah cari-cari lagi karena sistem otomatis menyediakan lowongan kerja yang pas dengan kualifikasi kita.

Itulah mengapa jobstreet ini menjadi situs yang ok banget dan paling terpercaya sebagai penyedia info lowongan kerja bagi para jobseekers. Tak hanya di Indonesia, jobstreet juga memuat lowongan kerja di berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, Filipina dan Vietnam. Buat kamu yang pengen kerja di luar negeri, bisa juga kok langsung apply lowongan dari jobstreet.

Caranya Bagaimana?

Berikut ini step-step singkatnya:

1.Buka website Jobstreet. Setelah itu klik Mendaftar, isi nama, alamat email dan password. Lanjutkan dengan mengisi data-data kunci seperti pendidikan, lokasi kerja yang diminati, lokasi saat ini, kompetensi, gaji yang diharapkan dan pengalaman kerja sebelumnya (jika ada). Data-data ini akan digunakan untuk mencocokkan profilmu dengan lowongan kerja yang sesuai. Setelah data lengkap, step selanjutnya adalah validasi email. Cek inbox email dan klik saja. Dan taraa.. akunmu udah jadi.

2.Masuk ke akun jobstreet, coba cek di beranda. Di situ akan tampil profilmu dan Rekomendasi LiNa untuk daftar lowongan yang sesuai dengan profilmu. Di sebelah kanan ada My Job Alert yaitu jumlah lowongan yang sesuai dengan profil yang dimasukkan.

Jobstreet - setyodewi.com 1

Saat kamu coba klik salah satu lowongan yang ada, selain bisa langsung submit lamaran, kamu juga bisa Simpan dulu untuk nanti dilihat lagi.

3.Agar profil lebih detail dan akurat, kamu bisa perbarui profil dengan klik tombol Perbarui profil saya. Atau bisa juga klik menu My Jobstreet lalu klik Ubah Profil. Nah kamu bisa isi keterampilan, bahasa, menambahkan pengalaman kerja dan mengunggah resume dalam file word atau pdf.

jobstreet - setyodewi.com 2

4.Setelah profilmu lengkap, kamu udah bisa lamar. Tinggal klik lowongan yang udah ada, cek apakah sesuai dengan yang kamu inginkan dan klik lamar. Selain dari rekomendasi LiNa, kamu juga bisa cari lowongan dari menu utama. Tinggal pilih kriterianya, posisi, lokasi, gaji.

5.Cek status lamaran bisa juga kamu lakukan, apakah kamu diterima, ada undangan wawancara, atau profilmu tidak sesuai. Masuk ke My Jobstreet lalu cek ke Aplikasi Lamaran Online. Jika ada undangan wawancara, notifikasinya akan muncul di email dan sms. Kamu juga bisa tahu berapa jumlah pelamar di setiap posisi yang kamu lamar.

Mudah banget kan? Eits, ada satu lagi nih. Kamu yang ga bisa lepas dari gadget, jangan khawatir, bisa kok apply langsung dari HP. Tinggal unduh aplikasinya dari playstore. Lamar kerja pun gampang banget deh. Tampilan dari smartphone kurang lebih seperti ini.

This slideshow requires JavaScript.

So, tunggu apa lagi. Lamar kerja via Jobstreet itu sangat simpel, mudah digunakan dan tentunya paling terpercaya dengan banyak ribuan lowongan kerja yang ada. Belum lagi lowongan kerja terbaru yang selalu muncul. Lamar kerja juga menjadi semudah main game di gadget, ga perlu ribet lagi. Nah, udah ga bingung kan? Baiknya lamar kerja dulu lah ya, sebelum melamar dia. Belum tentu juga kan sekarang ada yang mau dilamar. Haha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *