All, Events

Belajar SEO Lagi dari Blogger Vaganza

belajar seo - setyodewi 5

Sudah hampir setahun ini saya mengenal dan belajar blogging. Dasar saya memang banyak maunya, tahu sedikit tentang blog, ya akhirnya saya pelajari juga. Padahal dulu, saya tuh pernah punya pikiran jahat, “Ngapain sih orang nulis di blog, emang ada yang baca?” (eh ini jahat nggak sih? hahaha). Itu dulu banget waktu saya tahu teman saya share tulisan blognya melalui facebook.  Ah sekarang saya kena karmanya barangkali. Tapi malah jadi jatuh cinta juga sih sama nge-blog. Beberapa waktu lalu ada kesempatan belajar SEO (Search Engine Optimation) lagi dari Blogger Vaganza yang diadakan oleh Klub Buku dan Blogger (KUBBU).  Saya pun nggak mau menyia-nyiakan kesempatan untuk mengambil ilmu dari acara ini. Belajar SEO selalu menarik buat saya. Gimana caranya supaya artikel kita bisa nangkring di halaman pertama Google. Memangnya apa pentingnya sih? Nah, dengan muncul di halaman pertama Google, blog kita bisa lebih dikenal orang secara luas yang nantinya juga akan membentuk personal branding yang baik.

Blogger Vaganza

Blogger Vaganza dihelat oleh KUBBU dalam rangka perayaan akbar ultah ke-5 Backpacker Jakarta pada 30 September 2018, bertempat di La Piazza Kelapa Gading. Hmm, jauh sih dari rumah saya di Depok tapi karena sudah niat mau belajar, ya saya semangat datang. Meskipun saya terlambat dan baru bisa sampai ke lokasi acara di siang hari. Mungkin ini excuse, tapi malam sebelumnya memang saya ikut tampil juga dalam penampilan puisi di panggung utama acara Ultah Backpacker Jakarta ini. Sampai rumah jam 1 malam dan paginya saya agak teler jadinya. Hehe.. Alhasil, saya berangkat agak siang dan sudah ketinggalan materi yang pertama di pagi hari.  Ada 3 materi di acara ini. Yang pertama tentang Being Smart Travelworker , materi kedua adalah belajar SEO, dan yang ketiga adalah tentang fotografi untuk blog. Alhamdulillah, pas saya sampai, materi kedua tentang SEO belum dimulai. Melalui tulisan ini, saya akan sharing mengenai belajar SEO saja yaa..:)

Bertajuk Sampai Jumpa di Halaman Pertama Google, materi disampaikan oleh Mbak Nunik Utami, yang memang sudah saya kenal baik semenjak saya join Kubbu dan pernah barengan trip ke Jogja. Beliau ini adalah penulis 60 buku, editor, content writer di beberapa web, dan tentunya pakar SEO. Konten tulisan yang dibuat oleh Mba Nunik sudah barang tentu harus memenuhi kaidah SEO dan dituntut untuk bisa nongol di halaman depan Google.  Saya juga sudah SEO sih, tapi terSEOk-SEOk, hahaha. Pernah juga saya belajar singkat tentang SEO dari beliau ini.  Kadang sih mikirnya kalau teman dekat bisa kapan saja belajar. Tapi namanya teman, kalau sudah ketemu, banyakan curhatnya sih. Gitu juga nggak sih, kalian? Haha. Makanya saya mau serius belajar SEO dari Mbak Nunik di sesi ini, saya pun duduk di bangku paling depan.

belajar seo - setyodewi 4
Mbak Nunik Utami

Belajar SEO

Bagi saya, belajar SEO itu bikin penasaran. Kayak punya mainan baru gitu. Pertama memang rasanya ribet banget. Banyak yang harus diperhatikan baik dalam menentukan parameter-parameter SEO maupun dalam penulisan artikelnya. Pertama kita harus install plugin-nya dulu di blog. Yang umum dipakai adalah Yoast. Plugin ini berfungsi sebagai indikator apakah artikel kita sudah memenuhi parameter-parameter yang ada di dalam Yoast agar nanti bisa muncul di halaman pencarian Google. Jika sudah memenuhi sebagian besar atau semua parameter yang disyaratkan, maka akan muncul indikator berwarna hijau. Jika belum, maka warnanya masih merah atau oranye.  Nah kalau indikatornya sudah berwarna hijau tuh rasanya puas gitu. Hehe. Dari Mbak Nunik, ada beberapa hal yang saya pelajari.

belajar seo - setyodewi 2
Duo MC keren – Dayu dan Kak Yun

Mengapa Harus SEO?

Jika artikel dalam blog kita sudah dioptimasi dengan SEO, maka blog dan artikel kita bisa terindeks oleh Google. Dampaknya adalah trafik kunjungan blog jadi meningkat, sehingga akan meningkatkan personal branding blog kita di mata para pembaca. Selain itu DA/PA kita juga akan semakin naik. DA/PA adalah parameter yang menentukan kualitas blog kita, dalam rentang angka 1-100. Semakin tinggi, maka semakin bagus.

Cara Mengoptimasi Blog Melalui SEO

Ada beberapa parameter yang harus dipenuhi dan sangat menentukan:

Keyword: kata kunci apa sih kira-kira yang dicari orang dan menuntun kepada artikel blog kita. Kita bisa search juga dari Google, apa yang ada di sana adalah sebagian besar yang dicari orang. Penulisan kata kunci dalam artikel juga menentukan. Kata kunci harus ada di judul, kalimat pertama di paragraf pertama dan disebar di dalam artikel. Sebanyak apa kata kuncinya? Lebih baik 1% dari total jumlah kata dalam artikel. Akan lebih bagus lagi jika bisa 2%. Penulisan keyword juga bisa dikembangkan dengan semantic keyword agar tulisan tidak terasa aneh dibaca. Maksudnya adalah penulisan keyword dengan penjabaran kalimat lain yang bermakna sama.

Meta description: penjelasan singkat tentang artikel kita yang dapat menarik orang untuk membaca lebih detail. Meta description ini menjadi semacam iklan, jadi kalau bisa dibuat semenarik mungkin.

Backlink: link yang kita pasang di dalam artikel blog baik yang mengarah ke website di luar blog kita (eksternal) maupun artikel lain di dalam blog kita (internal).  Mengapa harus dipasang backlink? Menurut Mbak Nunik, ini akan menambah kepercayaan Google terhadap blog kita. Untuk pemasangan backlink ini ada ketentuannya juga. Link eksternal maksimal 2 saja, sedangkan link internal boleh banyak.

– Konten: artikel juga harus diperhatikan dalam penulisannya, misalnya 1 paragraf maksimal 150 kata. Selain itu juga harus diperhatikan paragraf dan sub paragrafnya (subheading). Untuk sub paragraf lebih baik menggunakan heading 3. Penggunaan subheading ini juga akan berpengaruh terhadap tingkat keterbacaaan (readability) konten yang menentukan apakah readability-nya sudah sesuai parameter atau belum. Katanya, content is the king. Nah, konten artikel sendiri diusahakan agar bisa memenuhi beberapa unsur yaitu thematic, chronological, problem solution, dan didactic. Artinya di dalam artikel sebaiknya memuat tema tertentu, disajikan dengan kronologi yang baik, memberikan solusi dan bersifat ilmu pengetahuan. Itu semua adalah dalam rangka memberikan tulisan yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca. Satu lagi nih yang paling penting yaitu penulisan paragraf pertama. Bagaimana caranya supaya pembaca tertarik dengan artikel dan membacanya sampai selesai. Buatlah paragraf pertama dengan menyisipkan sedikit jawaban atas masalah yang diangkat dalam artikel sehingga pembaca akan penasaran.

Banyak banget yang saya pelajari dari belajar SEO kali ini. Tantangan utama  bagi saya adalah menulis paragraf pertama yang bisa menarik pembaca. Karena kadang saya masih terjebak dengan banyak menuliskan latar belakang di paragraf I. Yang kedua adalah masalah readability. Ini yang paling susah. Kadang sudah berusaha menuliskan kalimat yang mudah dipahami, tapi dari Yoast masih saja tidak sesuai entah itu dari kata penghubung, dll. Sedih sayatu kalau indikator masih merah, haha.

belajar seo - setyodewi 3
Penyerahan cinderamata oleh Ketua Panitia, Deny.

Overall, Blogger Vaganza ini sebuah event belajar yang ok banget lah. Menurut saya acaranya sudah tertata dengan apik, pembicaranya keren, MC-nya ok, panitianya solid dan Kubbu sudah membuat Backpacker Jakarta menjadi BPJ i5timewa.  Untuk ke depannya, semoga semakin banyak acara menarik seperti ini dan semakin banyak hadiahnya biar pesertanya senang. Hahaha. Terima kasih Kubbu dan Backpacker Jakarta.

Tagged , , , ,

4 thoughts on “Belajar SEO Lagi dari Blogger Vaganza

  1. Sedih banget ya , uda nulis di blog tapi gak ada yg baca. Wkwkwkwk

    Makasih buat ulasan materi SEO nya Mbak Dew, semoga makin menjerit seperti ayamnya Titi Kamal..

  2. Saya juga sudah SEO sih, tapi terSEOk-SEOk hahaha aku ngakak mbak baca ini.
    Jadi inget pas di MCD Sarinah bertigaan sama Kak Chaca mau belajar SEO ujung-ujungnya malah kebanyakan curhat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *