All, Events

Opening Ceremony Asian Games yang Super Keren

Opening Ceremony Asian Games - setyodewi.com 4

Wow, amazing! Barangkali tak hanya saya yang mengucapkan kata-kata itu saat menyaksikan acara pembukaan Asian Games yang berlangsung di stadion utama Gelora Bung Karno, 18 Agustus 2018.  Saya yakin seluruh mata yang menyaksikan acara tersebut berdecak kagum. Bagaimana tidak? Acara pembukaan yang didesain sedemikian megahnya itu sanggup membuka mata dunia bahwa Indonesia layak dan mampu menghelat acara akbar kelas internasional.  Saya yang melihat dari layar televisi pun tak hentinya bilang ‘wow, keren abiss!’.  Pun setelah acara selesai, yang ada juga nggak bisa move on, masih terbayang-bayang betapa memesonanya upacara pembukaan yang disuguhkan malam itu.  Lalu apa saja sih yang bikin saya merinding menyaksikan Opening Ceremony Asian Games 2018? Cekidot, Gaess!

Panggung

Salah satu yang membuat saya terpana adalah konsep panggungnya yang spektakuler.  Penampakan panggung dengan ukuran panjang 135 meter, lebar 30 meter dan tinggi 26 meter tersebut berupa gunung, bukit, serta air tejun, dilengkapi dengan berbagai tanaman khas Indonesia. Disertai dengan teknologi pencahayaan yang canggih, panggung ini tampak megah dan Indonesia banget.  Panggung tersebut beratnya mencapai 600 ton. Wow!

Ternyata pembuatan panggung ini mengusung konsep 4 unsur yang juga menggambarkan kekayaan alam Indonesia yaitu air, bumi, angin, dan api. Dan masing-masing unsur tersebut ditampilkan dengan suguhan tarian dan ragam budaya yang tak kalah mengagumkan. Air yang menggambarkan samudra biru yang mengelilingi kepulauan Indonesia ditampilkan dengan tarian yang menceritakan konflik masa lampau yang pada akhirnya tercapai kedamaian juga di seluruh nusantara. Pada saat ditampilkan segmen bumi, tarian perang disajikan dengan begitu apiknya.

Begitu pula pada saat segmen angin yang menggambarkan bahwa sejak dahulu para leluhur telah memiliki kekuatan, kebijaksanaan dan mewariskan nilai-nilai luhur bangsa. Yang terakhir, segmen api, melambangkan keberanian dan semangat berkompetisi. Api disulut di puncak gunung yang merupakan puncak berakhirnya rally obor Asian Games dan menandai dibukanya perhelatan kompetisi olahraga se-Asia ini.

Konsep Keragaman Budaya

Gemerlap stadion utama Gelora Bung Karno malam itu tak lepas dari ditampilkannya berbagai ragam budaya Indonesia. Tarian tradisional dari berbagai daerah turut memeriahkan acara malam itu. Apa saja? Ada tari Sisingaan, tarian Padang Bulan, tari Gandrung Lanang  dari Banyuwangi, tari Kecak dan Janger dari Bali, dan masih banyak lagi. Yang paling memukau saya dan paling bikin merinding adalah saat penampilan tari Ratoeh Jaroe. Tari dari Aceh ini disuguhkan dengan sangat apik oleh 1600 penari. Mungkin semua orang juga akan merasa terpukau melihat penampilan mereka ini. Tak hanya komposisi dan gerakan saja yang menarik, namun juga mereka melakukan pergantian kostum sambil menari. Pertama terlihat memakai warna kuning, lalu biru, kemudian merah. Terakhir terbagi dua, sebagian berwarna merah dan sebagian lagi putih, membentuk komposisi bendera merah putih. Super keren.

Berbagai tarian daerah tersebut tak lain adalah untuk menunjukkan keragaman budaya Indonesia. Tak ada kata lain yang bisa saya ungkapkan selain saya bangga banget.  Opening Ceremony Asian Games ini benar-benar super keren. Salut untuk semua pihak yang telah bekerja keras demi terlaksananya acara spektakuler ini. Semoga Indonesia semakin berjaya, tak hanya di kancah Asia tetapi juga di mata dunia. Siapa kita? Indonesia !!!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *